Jumat, 05 Juli 2019

Perbedaan Pinjaman Dana Tunai Kartu Kredit, KTA dan Tarik Tunai


Akhir-akhir ini apakah Anda sering mendengar istilah pinjaman dana tunai kartu kredit dalam bidang keuangan? Sebenarnya apakah itu? Jadi, bagi Anda yang belum tahu, dana tunai dengan kartu kredit adalah pinjaman dana yang bisa didapat dari sisa limit kartu kredit. Pembayaran dana, nantinya dalam bentuk cicilan tetap per bulannya, sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.

Cicilan tersebut akan masuk di tagihan kartu kredit Anda. Dari sedikit penjelasan ini, apakah Anda sudah mulai paham apa perbedaannya antara tarik tunai dan KTA bukan? Ternyata ketiganya memiliki perbedaan yang bisa dengan mudah Anda ketahui. Namun bagi yang belum tahu juga, ada baiknya menyimak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Dana Tunai Kartu Kredit vs Tarik Tunai vs KTA 

1. Jumlah uang

Perbedaan pertama bisa dilihat dari jumlah uang yang bisa didapatkan nasabah. Untuk tarik tunai, nasabah bisa mendapatkan semua uang sisa dari limit kartu kredit atau bisa 40 persen dari limit. Sedangkan dana kartu kredit tidak, nasabah hanya mendapatkan sebagian saja dari sisa limit kartu kredit, biasanya hanya 50 persennya. KTA (Kredit Tanpa Angunan) beda lagi, nasabah bisa mendapatkan uang yang jumlahnya sesuai dengan permintaan mereka dan persetujuan pihak bank.

2. Bunga 

Selanjutnya masalah bunga, dari ketiga bentuk pinjaman ini, dana kartu kredit memiliki bunga yang lebih kecil daripada tarik tunai dan KTA. Jika dilihat dari jumlah pinjamannya, hal ini terkesan wajar.

3. Dana administrasi

Semuanya dibebani biaya administrasi, tapi jumlahnya berbeda. Untuk dana tunai kartu kredit biaya provisi biasanya sebesar 1 hingga 3 persen. Sedangkan untuk tarik tunai biayanya sebesar 4 persen atau 50.000 rupiah, tergantung jumlah mana yang lebih besar. KTA pun dibebani biaya administrasi tapi kadang free saat ada promo tertentu.

Baca Juga: Syarat Mudah Mendapatkan Pinjaman Dana Cepat di Surabaya

4. Pencairan dana

Jika menggunakan dana kartu kredit, uang yang anda pinjam bisa langsung masuk ke rekening anda. Sedangkan untuk tarik tunai, uangnya bisa langsung anda ambil lewat ATM. Beda lagi dengan KTA dimana dana cair dalam beberapa hari dan biasanya diambil langsung di bank, bisa juga masuk ke rekening tergantung kesepakatan yang dibuat.

5.  Cicilan

Dana uang tunai kartu kredit cicilannya akan masuk di tagihan kartu kredit setiap bulannya. Jumlahnya sesuai dengan jangka waktu yang diambil dan jumlah uang yang didapat. Sedangkan tarik tunai beda, semua jumlah pinjaman akan langsung masuk di tagihan kartu kredit, tidak dalam bentuk cicilan tetap. Untuk KTA, cicilan disetorkan lewat teller bank atau lewat ATM sesuai jumlah yang sudah disepakati.

6. Pelunasan

Mengenai pelunasannya, untuk KTA dan dana uang tunai kartu kredit sesuai dengan jumlah tenor yang dipilih yang biasanya dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan seterusnya. KTA bahkan ada yang sampai 60 bulan. Berbeda dengan tarik tunai yang harus langsung lunas jika tidak mau dibebani biaya bunga kartu kredit yang besarnya hingga 2,25 persen.

7. Syarat peminjaman

Dari ketiga jenis pinjaman tersebut, yang paling susah dan ketat adalah KTA. Untuk dana tunai dan tarik tunai sangatlah mudah. Tarik tunai tinggal ke ATM saja, sedangkan dana tunai kartu, anda bisa mengakses dan mengajukan lewat telepon, SMS, email, atau online.

Contoh Penggunaan Dana Tunai Kartu Kredit dan Tarik Tunai

Agar lebih mudah memahami, kita beri permisalan saja. Misal anda memiliki kartu kredit dengan limit 10 juta dan bulan tersebut baru anda gunakan 4 juta, maka anda bisa mengajukan dana tunai atau kadang pihak bank yang menawarkan pada anda. Jumlah yang bisa diambil biasanya maksimal 50 persen dari sisa limit.

Dalam kasus ini berarti sisa limit anda 6 juta dan 50 persennya adalah 3 juta. Setelah memenuhi syarat pengajuan, uang 3 juta tersebut akan ditransfer ke rekening anda. Untuk cicilannya, akan masuk di tagihan kartu kredit anda beberapa bulan ke depan sesuai dengan jangka waktu yang telah anda sepakati sebelumnya.

Sedangkan untuk tarik tunai, permisalannya begini. Anda memiliki kartu kredit dengan limit 10 juta dan anda perlu uang tunai 2 juta, maka anda bisa ke ATM untuk langsung mendapatkan uang yang dimaksud.

Apabila anda ingin mengecek dan membandingkan produk pinjaman dana tunai terbaik di Indonesia dengan cicilan ringan, anda bisa membuka alamat website https://www.cekaja.com/kredit.  Demikianlah sedikit penjelasan tentang perbedaan antara dana tunai kartu kredit, tarik tunai, dan KTA, Semoga bisa menambah informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Nikmati Keuntungan Menggunakan Dana tunai Cepat Online

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan peminjaman dana via online yang sekarang semakin marak. Dana tunai cepat online bisa Anda ...