Senin, 08 Juli 2019

5 Perusahaan Besar di Indonesia Swasta Yang Cocok Untuk Investasi Saham



Bagi pekerja usia produktif, kepemilikan harta tentu beragam bentuknya. Seiring dengan berjalannya waktu, kita tidak bisa lagi hanya berharap pada tabungan atau simpanan uang tunai saja. Investasi lah yang sebagian besar menarik minat calon investor untuk meningkatkan nilai hartanya.

Banyak jenis investasi yang tersedia, salah satunya saham. Untuk memilih investasi saham, anda harus mengetahui perusahaan besar di Indonesia apa yang memiliki nilai saham menjanjikan di masa mendatang.

Investasi saham akan sukses terproses transaksinya jika anda terdaftar sebagai pembeli saham. Untuk menjadi pembeli saham, anda harus mendaftar ke perusahaan sekuritas yang terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang saat ini sudah banyak tersedia. Setelah itu, anda diharuskan untuk menyetor dana sebelum kemudian akhirnya bisa memulai membeli saham dari perusahaan tertentu yang ada di Bursa Efek Indonesia. Penambahan nilai dari dana awal yang anda investasikan akan dibagikan dalam bentuk dividen/keuntungan perusahaan.

Jika anda masih bingung memilih perusahaan besar di Indonesia apa yang cocok untuk investasi anda, simak infonya berikut ini!

Bank Central Asia


PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV dan pernah menjadi bagian penting dari Salim Group. Sekarang bank ini dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di dunia, Djarum.

Kemajuan bank swasta ini cukup menjanjikan. Nilainya kerap stabil cenderung meningkat, kisaran Rp 29 ribu hingga Rp 32 ribu per satu lembar saham. Selama tahun 2018, Bank BCA menjadi bank dengan penjualan tertinggi untuk kategori bank swasta di Indonesia dengan penyaluran kredit sebesar Rp 678,8 triliun. Tidak heran jika dalam penutupan pembukuan perusahaan tahunan pun dividen yang dibagikan pada para investor pun cukup besar. Di Bursa Efek Indonesia, Bank BCA terdaftar dengan kode saham BBCA.

Baca juga: Forbes Rilis Daftar Perusahaan Terbaik Dunia, 6 Diantaranya dari Indonesia

Astra International


Perusahaan besar di Indonesia ini dikenal dengan nama PT Astra International - Honda (Astra Motor). Perusahaan di bidang otomotif ini merupakan salah satu perusahaan Astra International yang bergerak di bidang operations dengan produk sepeda motor Honda. Didirikan pada tahun 1970, dengan nama Honda Division, Astra Motor dahulu merupakan main distributor sepeda motor Honda. Saat ini, Astra Motor merupakan main dealer yang mencakup sebelas wilayah (region) di seluruh Indonesia. Mulai dari kota-kota di pulau Sumatera hingga ke Papua.

Di tengah kampanye untuk menggalakkan penggunaan transportasi umum di Indonesia nyatanya tak membuat nilai saham Astra terjun bebas. Astra masih terhitung aman dengan nilai saham Rp 7.200, dengan kode ASII di Bursa Efek Indonesia. Laba bersih perusahaan yang memproduksi motor Honda ini pada tahun 2018 mencapai Rp 21,67 triliun.

Sampoerna 


Jika berbicara mengenai perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, maka Sampoerna lah jawabannya. Perusahaan dengan nama lengkap PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk itu memproduksi dan mendistribusikan sejumlah kelompok merek rokok kretek yang dikenal luas di Indonesia. Sebut saja Sampoerna A, Sampoerna Kretek, Sampoerna U, serta “Raja Kretek” yang legendaris, Dji Sam Soe. Saat ini Sampoerna sudah terafiliasi dengan Philip Morris International Inc. (PMI), dan menjadi anak perusahaan PT Philip Morris Indonesia (PMID). Philip Morris adalah perusahaan tembakau internasional terkemuka di dunia. Oleh karenanya, produk-produk Sampoerna makin berkembang pesat.

Industri rokok di Indonesia memang masih berjaya. Diperkirakan, industri rokok tembakau tak akan mudah turun, mengingat konsumen yang masih tinggi.Dalam Bursa Efek Indonesia, saham Sampoerna tercatat dengan kode HMSP yang berharga sekitar Rp 3.200 per lembar sahamnya, dengan grafik nilai saham yang cukup stabil. Jika melihat laba bersih pada 2018, Sampoerna menjadi perusahaan swasta yang cukup tinggi dengan laba Rp 13,63 triliun.

Unilever Indonesia 


Unilever adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda dan London, Inggris. Di Indonesia, Unilever berdiri sebagai kantor cabang yang berlokasi di Jakarta. Produk Unilever sudah tak asing di industri rumah tangga. Mereka memproduksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh.

Dengan lengkapnya produk Unilever dan beberapa faktor lainnya, nilai saham perusahaan ini patut anda perhitungkan sebagai daftar perusahaan yang akan anda tanam sahamnya. Per lembar saham Unilever dijual seharga Rp 45 ribu, dengan kode UNVR. Nilai penjualan perusahaan ini pada 2018 sangat tinggi, yakni mencapai Rp 41,80 triliun.

Selain lima perusahaan besar di Indonesia di atas, ada juga 50 perusahaan lain yang wajib anda cek. Baca infonya di artikel yang berikut ini: https://www.cekaja.com/info/intip-50-perusahaan-besar-di-indonesia-kamu-tertarik-bekerja-di-sini/

1 komentar:

Yuk Nikmati Keuntungan Menggunakan Dana tunai Cepat Online

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan peminjaman dana via online yang sekarang semakin marak. Dana tunai cepat online bisa Anda ...